S. Ariono. Sigit: Contoh Latar Belakang

Contoh Latar Belakang

TOPIC           : SISTEM OPERASI                                                 
TEMA            : SISTIM PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE
JUDUL           : SISTEM OPERASI PEMBELAJARAN WEBSITE BERBASIS E- LEARNING


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Saat ini telah banyak muncul media pembelajaran yang semakin canggih seiring  berjalannya waktu. Hal tersebut tentunya mengurangi cara mengajar yang terkesan jadul seperti datang dan mengajar mahasiswa secara langsung. Dengan munculnya sistim pembelajaran yang semakin canggih ini tentusaja memudahkan para dosen dan sebagian dosen dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, sehingga mahasiswa akan dapat memaksimalkan dalam menerima materi dalam pembelajaran tersebut.
Karakteristik mahasiswa yang berbeda yang menjadi motivasi munculnya beberapa metode metode pembelajaran yang semakin modern, karakteristik yang berbeda- beda dalam menerima materi juga di pertimbangkan dalam hal tersebut. Ada yang dapat maksimal jika dia mendengaarkan saja, atau secara visual. Ada pula yang dapat memaksimalkan pembelajaran yang di sampaikan oleh para dosen atau dosen secara audiktif atau mendengarkan. Tetapi di antara ke dua jenis metode itu yang paling banyak di lakukan yaitu yang dapat melihat dan mendengarkan, dikarenakan  berbagai perbedaan dari individu yang ada, seorang dosen harus pintar dalam menggunakan berbagai metode pembelajaran dan media yang sering di lakukan sehingga mahasiswa bisa terbantu dengan maksimal dalam mendapatkan materi. Karena dengan adanya perbedaan ilmu tangkap itu mahasiswa menjadi serius dan terkesan tidak dapat menerima materi dengan maksimal. Beberapa ahli pendidikan mengungkapan bahwa sistem pembelajaran yang efektif adalah santai tapi serius, dan sistem pembelajaran tersebut dapat di terapkan pada sistem pembelajaran ini.
      Perkembangan internet dalam beberapa tahun terakhir ini  memungkinkan dunia pendidikan saat ini untuk memanfaatkan teknologi internet dalam proses pembelajaran maka dari itu beberapa ahli sistem informatika menciptakan beberapa langkah besar  dan gebrakan dalam ilmu pendidikan. Gebrakan tersebut ada pada E-Learning atau yang sering kita dengar dengan sistem pembelajaran jarak jauh, menurut beberapa kalangan meyakini bahwa e-learning dapat menjadi suatu perkembangan teknologi dan sistem informasi yang hebat. E-learning tidak mengharuskan para mahasiswa untuk masuk dan duduk di dalam kelas dengan serius, e-learning dapat di jalankan meskipun para mahasiswa tidak sedang berapa di tempat atau di kelas. Karena e-learning adalah sistem pembelajaran yang sudah menggunakan internet atau menggukan mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas.
Sama juga seperti bebrapa trobosan baru,  E-learning juga mempunyai keunggulan dan kekurangan didalamnya. Ketidak efektifan menurut beberapa kalangan ini juga di ikuti dengan pendapat – pendapat yang absurd. Berikut beberapa keunggulan dari metode pembelajaran E-learning yang dapat di lihat adaya dosen melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan kurikulum yang sudah di tentukan dan mahasiswa dapat mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya sendiri sehingga Dosen mampu mengontrol sepenuhnya kegiatan belajar para mahasiswanya.

Tidak ada komentar:

Copyright © S. Ariono. Sigit