S. Ariono. Sigit: Contoh teknologi sehari-hari beserta sejarahnya

Contoh teknologi sehari-hari beserta sejarahnya


BLUETOOTH

DAN

PERKEMBANGANNYA

Bluetooth, perangkat ini sangat terkenal di antara fitur-fitur ponsel lainya. Hampir setiap ponsel terkini memiliki fitur canggih ini. Sesungguhnya, nama Bluetooth di ambil dari nama seorang raja Denmark, yang bernama ”Herald Bluetooth” .Kemampuan petinggi kerajaan denmark ini, dalam menyatukan beberapa suku yang berbeda dan yang kala itu sedang berperang menginspirasi beberapa ahli untuk mengabadikan namanya menjadi suatu perangkat, yang mempunyai kemampuan menghubungkan berbagai peralatan seperti komputer, laptop, dan perangkat ponsel.

Sebagai teknologi komunikasi yang sedang populer, tentunya bluetooth di buat dengan menggunakan teknologi tanpa kabel atau sering di sebut (wireless), bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz. Secara fungsi bluetooth termasuk suatu teknologi tanpa kabel yang dapat mengkoneksikan dua perangkat yang berbeda atau lebih. Teknologi bluetooth ini juga mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time dengan jangkauan layanan berjarak dari 1,10 hingga 100 meter.

Di kemunculan pertamanya, bluetooth versi 1.0 pada bulan juli 1999 ini. Karena kemunculan pertamanya tentu bluetooth memiliki beberapa kelemahan, di antaranya pengaturan koneksi yang bisa di golongkan rumit dan masih mengunakan perintah manual, sehingga keamanan pengguna tidak terlindungi secara maksimal. Dengan seiringnya jaman, bluetooth makin berkembang dengan adanya bluetooth versi 1.1 dan 1.2. pemaksimalan fungsi bluetooth dilakukan dalam mendukung channel yang belum berfungsi secara maksimal. Juga menambah kecepatan pengiriman hingga 1 Mbit/detik dan tahan terhadap gangguan frekuensi radio lain.

Bluetooth versi terbaru adalah 2.0 yang dikeluarkan pada awal tahun 2004. Perbedaan yang terlihat jelas antara versi lama dan versi baru adalah fitur Enhanced Data Rate atau (EDR) untuk transfer data yang lebih cepat, dan sistem pengamanan yang maksimal. Tingkat kecepatan diklaim mencapai 3 Mbit/detik meskipun pada penerapanya hanya mampu mencapai 2 Mbit/detik. Kemudian munculah bluetooth versi 2.1 yang memperkenalkan SSP (secure simple pairing), yang meningkatkan sisi keamanan pengguna secara lebih aman.

Barulah pada tahun 2009, dapat diperkenalkan bluetooth versi 3.0-HS(High Speed). Secara teori, tingkat perpindahan data dapat mencapai kecepatan 24 Mbit/detik. Fitur unggulan pada adalah AMP, yaitu tamabahan jaringan WIFI sebagai data berkecepatan tinggi pada bluetooth versi terbaru ini.

Kelebihan bluetooth yang bisa di katakan efisien antara lain daya jangkau yang dapat menembus dinding, kotak dan berbagai jenis benda lain, tidak memerlukan kabel penghantar selain kegunaan sebagai perantara modem. Tetapi Sementara itu berbagai kekurangan yang terdapat pada bluetooth adalah sistem menggunakan frekuensi sama dengan gelombang LAN standar, pengguna akan kesulitan melakukan transfer apabila ditemukan banyak koneksi bluetooth dalam suatu ruangan yang sama.

Itulah sepenggal cerita dan sejarah bluetooth yang saya ketaui.

Tidak ada komentar:

Copyright © S. Ariono. Sigit