S. Ariono. Sigit: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM BEBERAPA HAL

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM BEBERAPA HAL

Contoh hal yang mengandung unsur teknologi di dalamnya

Perkembangan Teknologi sangatlah berpengaruh terhadap kulkur kita sekarang. Tidak dipungkiri bahwa hampir disetiap kultur saat ini banyak yang memuat beberapa hal yang berkaitan dengan Perkembangan Teknologi.

Hal – hal yang berbau Fiksi, ilmiah, teknologi pun mulai tumbuh subur dan berkembang pesat seperti tumbuhan di musih hujan. Bayangan tentang kehidupan di masa depan dan diabad yang super modern hingga pemikiran untuk menciptakan kehidupan diluar angkasa.

Contoh dari hal – hal diatas terdapat pada beberapa contoh film, di bawah ini:

1. DORAEMON

Cerita kartun ini adlah salah satu cerita yang paling di minati oleh semua golongan diseluruh dunia. Selama lebih dari 30 tahun cerita kartun tentang keajaiban peralatan sebuah robot kucing yang datang dari masa depan dan bernama doraemon ini sangat menarik perhatian dari para penggemarnya. Doraemon merupakan kisah yang menceritakan tentang sebuah robot kucing yang berasal dari abad ke-22 melalui perantara mesin waktu. Sang penulis, Fujiko F. Fujio, merupakan seseorang yang memiliki imajinasi tinggi mengenai alat – alat masa depan. Dia menceritakan, di dalam tubuh Doraemon terdapat 1001 macam peralatan apa saja yang menjadi permintaan – permintaan aneh dari orang yang didatanginya pertama kali di taun itu (Nobhita).


2. PEMBUTAN VIDEO CLIP LAGU

Siapa yang tidak mengenal Michael Joseph Jackson, atau yang lebih di kenal dengan michael jackson adalah seorang penyanyi pop kelahiran Gary, indiana, amerika serikat 1958 yang sangat mendunia.

Setiap karya dari sang maestro pop ini sangat diminati dan di gemari oleh banyak peminat musik di dunia dan semua kalangan. Semua video clip yang terkandung dalam setiap lagu – lagunya terdapat teknologi pembuatan yang canggih pada masa itu. Salah satu contoh adalah video clip yang terdapat dalam lagu BLACK OR WHITE. Pembuatan video clib lagu yang sempat menjadi kiblat lagu dunia di tahun 90an ini menggunakan teknologi yang di bilang canggih dan memukau.

Terdapat sebuah adegan di mana sebuah muka yang berganti – ganti secara langsung dan cepat. Banyak dari para ahli yang mengakui bahwa pembuatan video clib ini adalah ide pembuatan video clib paling canggih untuk kala itu.


3. FILM REEL STEEL

Real Steel yang mengisahkan mengenai pertarungan antara para robot kemungkinan besar akan membuat banyak penonton membayangkan berbagai adegan yang terdapat dalam franchise transformer (2007 – 2011) milik Michael Bay. Namun, Real Steel sendiri merupakan sebuah film yang mendasarkan jalan ceritanya pada cerita pendek karya Richard Matheson yang berjudul Steel (1956) dan lebih menekankan pada perkembangan hubungan antara karakter ayah dan anak yang terdapat di dalam jalan cerita daripada mengumbar berbagai adegan aksi. Pun begitu, Shawn Levy sebagai seorang sutradara juga tidak serta merta meninggalkan sisi visual film ini dan turut mampu menghadirkan deretan adegan aksi dengan pencapaian special effect yang jauh dari kesan mengecewakan.


Tidak ada komentar:

Copyright © S. Ariono. Sigit